Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja dan Jawaban untuk Latihan


Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja dan Jawaban untuk Latihan ~ Pelamar kerja yang dipanggil oleh pihak HRD untuk wawancara kerja pasti merasakan sedikit gembira walaupun belumlah tentu diterima sebagai karyawan perusahaan karena harus menempuh tahapan selanjutnya yaitu menghadapi berbagai pertanyaan wawancara kerja (job interview) tersebut.

Langkah lanjut ini biasanya membuat si calon pegawai berpikir keras seperti apa pertanyaan wawancara kerja yang bakal ditanyakan oleh pihak HRD perusahaan.

contoh pertanyaan wawancara kerja

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja


 Nah bagi Anda yang sedang mencari contoh pertanyaan wawancara kerja bisa mencoba beberapa rangkuman di bawah ini yang barangkali bisa dipergunakan sebagai bahan latihan :

1.Ceritakan tentang diri Anda ?

Umumnya merupakan pertanyaan pembuka, usahakan jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjawabnya.  Berikan jawaban yang menjawab yang singkat saja seperti pengalaman kerja sebelumnya, latar belakang maupun pendidikan Anda

 2. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?

Jika pertanyaan seperti ini mengharapkan Anda dapat medeskripsikan tentang produk, reputasi, ataupun filosofi perusahaan.

tips menjawab :  Berikan jawaban tentang produk unggulan (sebelumnya pelajari sekilas tentang perusahaan tempat melamar ) , usahakan Anda jangan menjawab seolah-olah Anda tahu segalanya tentang perusahaan tersebut.

Beritahu si pewawancara bahwa Anda akan meluangkan waktu untuk mempelajari atau mencari tahu tentang perusahaan tersebut tetapi  utamakan tidak memberikan jawaban negatif misalnya “ Saya tahu kondisi perusahaan ini sedang buruk, karena itu saya ingin memperbaikinya”

3. Apa yang dapat Anda berikan pada kami ?

Tips menjawab : Usahakan menjawab tentang prestasi  yang pernah dicapai dan kemampuan Anda untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah. Usahakan jangan terlalu panjang lebar, Boleh juga ditambahkan dengan prestasi Anda di perusahaan sebelumnya.

4. Mengapa Kami harus mempekerjakan Anda di sini ?

Tips menjawab : Usahakan memberikan jawaban tentang kemampuan-kemampuan Anda untuk mendukung perusahaan tempat melamar kerja. Tambahkan juga bahwa Anda adalah seorang pekerja keras

5. Apa kelemahan diri Anda?

Tips menjawab : usahakan Anda memberikan jawaban yang tidak berseberangan dengan posisi kerja yang sedang dilamar. Misalnya jika sedang melamar menjadi sales maka jangan menjawab Anda seorang pemalu atau tidak percaya diri, Anda bisa menjawab “ kelemahan saya adalah sulit untuk bekerja santai, saya tipe orang yang suka dengan tantangan”.

Bila posisi sebagai posisi staff, Anda bisa menjawabnya dengan “ kelemahan saya adalah saya kurang bisa bekerja sendiri, biasanya saya bekerja dalam tim”.

6. Apakah anda bersedia kerja lembur kapan saja bila diperlukan?

Untuk jawaban yang satu ini sebenarnya tergantung pada diri Anda sendiri, Tetapi sebaiknya sesuaikan dengan niat dan komitmen awal Anda, Jika ingin bekerja dengan baik maka resiko bekerja lembur kapanpun diminta haruslah Anda tempuh.

7. Pengalaman apa yang anda miliki dalam bidang ini?

Tips menjawab : Bila Anda memiliki pengalaman sebelumnya maka usahakan menjawab dengan segala pengalaman yang terkait dengan bidang lamaran, Tetapi bila tidak berpengalaman maka berikan jawaban yang mendekati pengalaman atau keahlian tersebut.

baca juga : contoh surat lamaran kerja guru

8. Apa yang Anda cari di dalam sebuah pekerjaan?

Tips menjawab : Usahakan memberikan jawaban tentang niat Anda ingin bekerja sama atau memberikan kontribusi terhadap perusahaan tetapi jangan memberikan jawaban yang berkenaan dengan kebutuhan Anda akan keuangan.

9. Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk memberikan kontribusi berarti bagi kami?

Tips menjawab :  Usahakan mengatakan bahwa Anda akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi berbagai persoalan dan tantangan sejak mulai bekerja, tetapi Anda perlu waktu sekitar 3-5 bulan untuk benar-benar mengerti kebutuhan perusahaan yang sesugguhnya.

10. Jika anda diterima kerja, berapa lama anda ingin bergabung di perusahaan ini?

Tips menjawab : Anda bisa menjawab dengan  : ” Saya ingin bisa bekerja di sini selamanya dengan catatan perusahaan senang dan puas akan hasil kerja saya”

11. Dari resume Anda, kami rasa Anda terlalu berpengalaman untuk posisi ini. Bagaimana pendapat Anda?

Nah ini adalah pertanyaan jebakan, Sebaiknya Anda tetap rendah hati
tips menjawab :  Anda tetap harus percaya diri tetapi jawablah dengan rendah hati dengan memberikan jawaban bahwa Anda perlu mengenal perusahaan lebih jauh agar dapat bekerja lebih maksimal.

12. Kenapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda yang sebelumnya?

Tips menjawab : Jawablah pertanyaan singkat dan jelas  tetapi usahakan jawab dengan sejujurnya termasuk jikalau sebelumnya Anda telah dipecat berikan tambahan bahwa itu karena kesalahan Anda yang tidak disadari dan tidak mungkin Anda ulangi hal seperti itu.

13. Apa yang Anda rasakan ketika meninggalkan pekerjaan Anda?

Tips menjawab : jawablah bahwa Anda merasa menyesal dan tidak akan mengulangi hal yang sama dan katakan bahwa itulah resiko yang harus Anda terima demi pekerjaan yang cocok untuk Anda ( usahakan jangan mengatakan kaitannya dengan nilai gaji atau keuangan)

14. Apa pendapat Anda tentang atasan (bos) Anda sebelumnya?

Tips menjawab : jawablah pertanyaan ini dengan jawaban positif karena bisa saja calon atasan Anda nantinya khawatir Anda akan membicarakan hal-hal buruk tentang dia seperti yang telah Anda lakukan terhadap atasan yang terdahulu.

15. Berapa gaji yang anda harapkan?

Untuk pertanyaan yang satu ini Anda bisa menjawabnya dengan abstrak atau balik bertanya ke pewawancara

tips menjawab:  bertanya balik tentang detil pekerjaan atau pekerjaan apa yang akan jadi tanggungjawab Anda : “ Maaf Bapak / Ibu bisa jelaskan tanggungjawab untuk posisi ini terlebih dahulu? ”, Setelah dijelaskan oleh pewawancara, kemudian Anda bertanya lagi  “ maaf Bapak/Ibu bisa jelaskan kisaran gaji untuk tanggungjawab seperti itu  ? .

Atau bila Anda telah tahu kisaran gaji untuk posisi yang Anda maksud di perusahaan tersebut bisa langsung menjawab kisarannya.

Nah, itulah beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja disertai jawaban untuk Anda yang sedang menunggu panggilan job interview. Semoga dapat bermanfaat.