CONTOH SURAT PERMOHONAN TEMPAT USAHA PERDAGANGAN


Contoh surat permohonan tempat usaha perdagangan ~ Setiap usaha yang legal haruslah memiliki surat izin perdagangan yang disahkan / dilegalkan oleh pemerintah setempat. Surat izin usaha tersebut kita kenal dengan SIUP (surat ijin usaha perdagangan) yang merupakan suatu surat izin untuk mendirikan usaha di tempat-tempat yang harus mendapatkan persetujuan secara resmi dari pemerintah daerah setempat. Jika tidak memilikinya maka akan dianggap tidak layak untuk diteruskan, akibatnya akan terjadi pembongkaran paksa.

Sebelum memiliki SIUP maka kita perlu melakukan permohonan terlebih dahulu ke pemerintah setempat dalam hal ini adalah Bupati atau Walikotamadya untuk mendapatkan  surat izin tersebut.

Berikut ini merupakan contoh surat permohonan tempat usaha perdagangan yang dapat Anda jadikan referensi jika membutuhkannya untuk mengajukan permohonan SIUP, silahkan diganti saja bagian yang perlu


Nomor       : xxxxxxxxxxxxxxx
Lampiran   : I (Satu) Lembar
Perihal       : Permohonan Surat Izin Tempat Usaha

Kepada Yth.,
Bapak Bupati Brebes
Up.  Kabag. Adm. Bidang Ekonomi
di
Jawa Tengah


Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                      :   SUGIANTO
Tempat / Tgl. Lahir  :   Brebes / 22 Juni 1972
Pekerjaan                :   Dagang
Alamat                    :   Jl. Sisingamangaraja 10

Dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan Surat Pernohonan Tempat Usaha kepada Bapak, Adapun tempat usahanya adalah :

Nama Tempat Usaha  : ..................
Bidang Usaha             : ..................

Tempat usaha terletak di :..................................... Desa ............................... Kecamatan ...............
Dan saya akan berusaha untuk mematuhi semua persyaratan / peraturan serta petunjuk yang diberikan atas usaha yang akan saya kelola.
Dan sebagai bahan pertimbangan Bapak, saya lampirkan I (satu) lembar berkas administrasi persyaratan.

Demikian Surat Permohonan Tempat Usaha ini saya buat. Besar harapan saya agar Bapak bersedia untuk mengabulkan permohonan saya. Atas perhatian dan kebijaksanaanya saya ucapkan banyak terimakasih.

Brebes, 15 November 2014
        Pemohon,                                                                                   Mengetahui,
                                                                                                          Kepala Desa


    ( Nama Anda  )                                                                             (  Nama Kades )

Setelah melakukan permohonan maka pemerintah berwenang setempat akan meninjau dan mempertimbangkannya untuk kemudian mengeluarkan sebuah surat izin usaha perdagangan (SIUP) yang artinya Anda sudah bisa mempergunakan tempat tersebut sebagai tempat usaha yang legal.

Nah, itulah contoh surat permohonan tempat usaha perdagangan, semoga dapat memberikan manfaat, salam sukses dari contoh surat.